MH Pasca UNPATTI- Work from home merupakan salah satu langkah terbaik untuk meredam pandemi virus Corona yang menyebabkan COVID-19.
Jumat, 3 April 2020 perkuliahan sistem daring menggunakan aplikasi ZOOM perdana dilakukan oleh salah satu staf dosen S2 Manajemen Hutan UNPATTI, Dr. Rohny S. Maail,S.Hut, M.Si. Mata kuliah yang disajikan adalah Pengolahan Hasil Hutan dialkukan dari rumah kepada Mahasiswa Magister Pascasarjana Program Studi Manajemen Hutan UNPATTI, Memberikan Kuliah dari rumah menjadi alternatif pembelajaran ketika pandemi COVID-19 kian merajalela. Berdasarkan data per Selasa, 17 Maret 2020, jumlah pasien positif COVID-19 di seluruh Indonesia sudah mencapai 172, 7 orang di antaranya meninggal dan 9 lainnya dinyatakan sembuh.
Himbauan perkuliah sistem daring dari rumah terdengar menyenangkan karena kita dapat bekerja sambil bersantai di rumah. Kita juga memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga di rumah. Tetapi, sebagian orang merasa kesulitan melakukan kerja dari rumah. Bagi sejumlah orang, bekerja dari rumah menjadi kendala karena berbagai alasan, seperti perubahan suasana kerja, yang semula di kantor menjadi di rumah.
Kendala lain dari work from home, semisal tidak adanya rekan kerja di sekeliling kita, adanya gangguan yang di dapat di dalam rumah, dan sulit berkomunikasi secara langsung dengan atasan atau rekan kerja. Kendala itu bisa saja membuat kerja Kita di rumah menjadi tidak efektif.
Di sisi lain, ada beberapa hal yang dapat membantu Kita untuk menyelesaikan tugas yang diboyong ke rumah dengan efektif.
Berikut tiga tips yang dapat dipraktikkan agar work from home selama karantina mandiri pada masa pandemi virus Corona berjalan efektif.
- Yakinkan Diri Sendiri dapat Bekerja di rumah
Kita harus menegaskan kepada diri kita, bahwa bekerja dari rumah adalah hal yang dapat dilakukan dalam keadaan pandemi virus corona saat ini, atau pada saat keadaan tertentu, dan tidak dapat melakukan mobilitas tinggi di luar rumah. Mempunyai kepercayaan diri pada hal yang Kita lakukan, dapat membantu Kita melakukan segala sesuatu yang akan atau sedang dikerjakan.
- Menyusun jadwal
Melakukan pekerjaan yang terstruktur dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Satu di antara cara untuk melakukannya adalah menyusun jadwal pekerjaan selama work from home.
Menata hal pertama hingga terakhir yang harus dilakukan secara rinci dapat membantu Kita membuat jadwal secara mudah. Usahakan tetap menyusun jadwal dengan menyelipkan waktu istirahat agar Kita tidak terlalu tegang dan stres dengan pekerjaan.
Sedikit melakukan peregangan badan dan menghirup udara segar di luar ruangan dapat membantu Kita tetap nyaman dan tidak terlalu capek.
- Tetap melakukan komunikasi
Melakukan pekerjaan di rumah dengan disiplin dan produktif bukan berarti Kita tidak dapat melakukan komunikasi.
Lakukan komunikasi paling tidak dengan orang yang ada di dekat Kita, atau dapat melakukan sambungan telepon atau panggilan video dengan rekan kerja yang sedang berada di tempat berbeda. Kita dapat melakukanya setiap empat jam sekali atau saat waktu istirahat. Hal tersebut dapat membantu Kita menjadi lebih produktif dan terhindar dari stres.
Sumber: disadur dari: Bola.com (Penulis: Rheza Aditya Gradianto/Editor: Aning Jati, published 2/4/2020)