MAGISTER MANAJEMEN HUTAN

Pembangunan kehutanan di dunia menghadapi tantangan besar karena deforestasi dan degradasi yang cukup pesat. Di Indonesia proses tersebut terjadi akibat  tata kelola hutan yang tidak benar akibatnya telah terjadi  pemanasan dan perubahan iklim global yang sangat mempengaruhi kehidupan dunia.

Peranan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan inovasi IPTEKS, dalam mendukung kebijakan pembangunan  kehutanan yang lestari  yaitu ekosistem hutan yang dapat menjamin   terciptanya konservasi keragaman hayati asli/endemis, pemulihan ekosistem terdegradasi,   menjamin terciptanya partisipasi masyarakat adat/lokal, mengatasi konflik tenurial,  terciptanya kesejahteraan masyarakat, terciptanya pertumbuhan ekonomi berbasis ekonomi hijau (green economy), yang dapat diintegrasikan  dalam unit  Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Jumlah KPH lebih dari 400 unit  di Indonesia menyediakan lapangan kerja yang luas, selain kesempatan kerja secara global. Karena itu Program Studi Manajemen Hutan,

Program Pascasarjana, UNPATTI  yang telah berdiri sejak tahun 2010, dengan kurikulum yang bertumpu pada dua minat (konservasi & ekowisata dan Manajemen hutan),  telah menghasilkan lulusan sebanyak 22 Orang, membuka kesempatan kepada lulusan S1 yang relevan, untuk berpartisipasi dalam pembangunan SDM Kehutanan  dengan fokus kajian pada kawasan pulau-pulau kecil dengan kondisi DAS pendek dan sempit,  berbasis masyarakat adat/lokal.

1 thought on “MAGISTER MANAJEMEN HUTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.